Bambang Soepijanto

Blog

Setelah Pemilu Usai…

Setelah Pemilu Usai…

Pada dasarnya, kita menganut sistem demokrasi di negara ini agar rakyat dapat memilih sendiri pemimpinnya. Tidak dipilihkan oleh orang lain, tidak ditentukan berdasarkan garis keturunan raja atau bangsawan, tidak feodal. Rakyat punya hak untuk menentukan mereka ingin dipilih oleh siapa.

Read More

Glenak-glenik tentang Pegawai Negara

Glenak-glenik tentang Pegawai Negara

Setahun kemarin, Indonesia membuka lowongan besar-besaran penerimaan pegawai negerinya. Sepanjang waktu-waktu tersebut banyak pula kasak-kusuk kanan-kiri yang bergumul tentang diterima atau tidaknya keluarga kerabat dan sanak saudara menjadi dari seleksi. Mulai bulan ini, para pegawai negeri telah mulai bertugas sesuai posisi yang diterimakan kepada mereka.

Read More

(Masih) Ngudar Rasa Tentang Upah di Jogja

(Masih) Ngudar Rasa Tentang Upah di Jogja

Sore menjelang malam, hari ini adalah dekat dengan akhir pekan. Seperti biasa, kami sekumpulan teman sejawat bertemu muka rutin paling lama dua minggu sekali. Masih ditempat ngopi biasa kami berlangganan dan bercengkerama tentang pahit manis kehidupan di Jogja. Menjadi pencari pundi-pundi uang disini kerap kali timpang dibangdingkan saat kami kuliah dulu. Memang jumlah nominalnya tidak adil jika dibandingkan dengan sekarang, ketika kami memang telah diakui kelulusannya lewat ijazah universitas (utamanya) kenamaan dikota pendidikan ini.

Read More

Mari Akhiri Pemilu Dengan Berangkulan

Mari Akhiri Pemilu Dengan Berangkulan

Saya selalu tidak sampai hati jika melihat masyarakat kita saling memaki karena beda pilihan politik. Baru-baru ini terjadi pula di Yogyakarta. Massa kampanye salah satu pasangan calon menyatroni posko pemenangan pasangan calon lain dan terlibatlah kekerasan diantara kedua massa. Seharusnya energi kita tidak habis di hal-hal semacam ini.

Read More

Pemilu Bersih, Pemilu Damai

Pemilu Bersih, Pemilu Damai

Pemilu merupakan sebagian kecil dari proses demokrasi. Demokrasi sesungguhnya merupakan sebuah konsep yang kompleks. Melibatkan berbagai aspek dan dimensi. Bahkan bermedia sosial bisa menjadi suatu wujud partisipasi politik dalam sistem demokrasi. Sebab, salah satu prinsip dalam demokrasi yakni menjamin kebebasan pendapat tiap warga negaranya.

Read More

Saya Prihatin dengan Kasus Gizi Buruk di Yogyakarta

Saya Prihatin dengan Kasus Gizi Buruk di Yogyakarta

Sudah hampir tigaperempat abad republik ini berdiri, dan saya masih miris kita masih memiliki masalah seputar kesehatan dan gizi anak. Setelah kemarin ramai tentang jumlah stunting di Indonesia dan khususnya Yogyakarta, nyatanya gizi buruk masih menimpa banyak balita di Yogyakarta. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulon Progo mendata, masih banyak ditemukan kasus gizi buruk di Kulon Progo. Meski demikian, persentase kasus tersebut menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Read More

Berbagai Cara Untuk Mengelola Air Hujan

Berbagai Cara Untuk Mengelola Air Hujan

Seiring dengan akan berakhirnya musim hujan dan tibanya musim kemarau, saya menghimbau agar masyarakat Yogyakarta mulai bergegas mengumpulkan dan mengelola air hujan. Pengelolaan air hujan harus mulai dilakukan karena diperkirakan musim hujan hanya akan tersisa hingga bulan depan. Sedangkan musim kemarau akan berlangsung di bulan selanjutnya, sampai enam bulan ke depan.

Read More

Mari Mencoblos di Yogyakarta!

Mari Mencoblos di Yogyakarta!

Saudara, hari pemilihan sudah tinggal menghitung hari. Di hari tersebut, kita akan memilih presiden dan wakilnya, anggota DPR, anggota DPRD, dan anggota DPD. Tentu hari tersebut akan menjadi hari yang sangat dinantikan, karena setelah berbulan-bulan masa kampanye, akhirnya kita akan menentukan pilihan siapa yang mau kita pilih sebagai pemimpin lembaga negara eksekutif dan legislatif.

Read More

Redup Sepakbola Jogja Segera Paripurna

Redup Sepakbola Jogja Segera Paripurna

Tahun 2018 ditutup dengan bahagia, setidaknya bagi kancah sepakbola Jogja. Bagaimana tidak, setelah sekian lama akhirnya PSS Sleman dapat merangsek naik ke divisi teratas Liga Indonesia. Sehingga pada gelaran musim 2019/2020 nanti, PSS Sleman akan bersua tim teratas sepakbola Indonesia seperti Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persib Bandung, Persipura Jayapura; tergantung di wilayah mana tim Elang Jawa ini akan ditempatkan. Wilayah barat atau timur, seperti yang kerap diberlakukan pada gelaran Liga Indonesia tiap musimmnya.

Read More

#JogjaDaruratSampah Mengelola, Bukan Membuang

#JogjaDaruratSampah Mengelola, Bukan Membuang

Sejak Minggu, 24 Maret lalu warga menutup akses menuju Tempat Pengelolaan Sampah Terpadau (TPST) Piyungan, di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akibatnya, sampah menumpuk di sejumlah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara di Kota Yogya, Bantul, dan Sleman. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Yogyakarta memperkirakan, sejak 24 hingga 27 Maret 2019 terdapat 2.320 ton sampah yang menumpuk di sejumlah TPS sementara lantaran tidak dapat terangkut ke TPST Piyungan. Setiap hari rata-rata sampah yang masuk ke TPST Piyungan sebanyak 580 ton. Jumlah sampah ini hanya berasal dari wilayah perkotaan yang meliputi kota Yogya, sebagian wilayah Sleman dan Bantul.

Read More